Minggu, 26 Maret 2017

Tinju



Olahraga tinju merupakan salah satu olahraga seni bela diri yang sangat populer di seantero dunia. Hampir semua orang dari belahan dunia manapun mengenal olahraga ini. Banyak yang membenci jenis olahraga ini. Namun tak jarang juga banyak sekali yang sangat senang dengan olahraga ini. Olahraga ini mempertemukan antara satu petarung dengan petarung yang lain yang bertanding dengan pukulan sebagai salah satu senjata andalan mereka. Setiap pemain akan selalu berusaha untuk menjatuhkan lawan dengan cara memukul.

Pertandingan ini mempertemukan antara dua orang petarung dengan kelas yang sama pula. Seorang petinju bisa dinyatakan sebagai seorang pemenang manakala ia mampu memberi pukulan kepada musuhnya dengan jumlah pukulan yang lebih banyak. Atau bisa juga ia dinyatakan memenangkan pertandingan tinju manakala ia mampu menjatuhkan lawannya berkali-kali sehingga lawan tak kuasa lagi untuk berdiri dan bertarung.

Tinju Pertama Kali Diperkenalkan
Kata tinju berasal dari bahasa Inggrisnya “ boxing “ atau “ Pugilism “ yang berasal dari bahasa latin. Kata-kata pugilism memiliki makna tangan yang terkepal yang berbentuk box atau kotak. Awal mula tinju dinyatakan sebagai salah satu olahraga melalui bapak tinju dunia yang bernama Poliux saudara kembar dari Castor, putra seorang bangsawan yang bernama Jupiter dan Leda

Pertandingan tinju diperkenalkan untuk pertama kali oleh bangasa Yunani, Mesir dan Romawi. Pada waktu itu tinju belum seperti sekarang pada waktu itu petinju masih menggunakan sarung tinju yang terbuat dari besi sebagai senjata utamanya. Maka tak heran jika banyak petinju yang langsung meninggal seketika setelah melakukan tinju. Adalah Theagones salah satu tokoh tinju dunia yang terkenal pada zamannya ia telah bermain sebanyak 1.600 kali pertandingan. Dan kebanyakan musuh-musuhnya mati seketika diatas ring. Ia bermain menghadapi banyak musuh dari berbagai negara lain dan menjadi legenda yang masih terkenang di negara Yunani. Kemudian baru tahun 1973 lah diperkenalkanlah sarung tinju oleh seseorang berkebangsaan Inggris dan masih dipakai sampai sekarang.

Aturan Umum Olahraga Tinju

Olahraga tinju memiliki banyak kelas yang ada di dalamnya. Untuk kelas yang paling terendah yaitu kelas straw dimana petnju hanya memiliki berat sekitar 48 kg sampai 58 kg. Sedangkan untuk kelas yang paling tinggi adalah kelas berat dimana berat petinju yang bermain bisa mencapai 90 kg sampai tak terbatas.

Durasi pertandingan dalam tinju berkisar 3 menit untuk satu kali ronde. Sedangkan ronde yang ada di dalam tinju pun berbeda-beda bergantung dengan kelas yang mereka ambil. Sebuah pertandingan tinju dilaksanakan di sebah tempat yang bernama ring.

Tinju merupakan salah satu cabang olahraga yang mempunyai resiko tinggi ketika melakukannya. Karena mereka akan menerima pukulan-pukulan dari lawan-lawan mereka. Walaupun resiko yang akan dialami oleh sang pemain begitu tinggi namun tak menyurutkan penggemar dari olahraga ini. Olahraga ini tidak hanya digemari oleh pria saja. Kaum wanita pun juga tak kalah banyak yang mencintai olahraga ini.

Teknik Pukulan Dalan Tinju

Jab.Pukulan cepat yang dilemparkan dengan tangan lead. Jab dilakukan dengan memutarkan pinggul, sebanyak  90 derajat dan searah dengan serangan agar badan petinju menjadi horizontal dan serangan jabdapat  dilakukan dengan tangan di ekstensi penuh.  Jab menggunakan jangkauan tangan panjang dan tidak memerlukan power yang besar. Karena kekuatannya relatif lemah, jab sering digunakan sebagai alat untuk mengukur jarak, menguji pertahanan lawan dan mendirikan kesempatan untuk menyerang.


Straight ,adalah pukulan keras dan dilemparkan dengan arah lurus  menggunakan tangan rear. Straight digunakan untuk mengcounter atau membalas serangan jab, menyerang rahang musuh atau membuka kesempatan untuk hook. Straight sering digunakan setelah jab, yang disebut juga “one-two combo”.






Hook. Pukulan dengan arah setengah lingkaran dan umumnya menggunakan tangan lead, diarahkan ke kepala musuh. Hook sering dianggap sebagai pukulan paling berbahaya karena bila dilakukan dengan tepat, power nya dapat menjatuhkan musuh dalam sekejap. Hook juga kerap digunakan ke tubuh. Serangan hook ke tubuh sering dianggap sebagai khas petinju-petinju asal Meksiko seperti Julio Cesar Chavez dan Marco Antonio Barrera.





Uppercut. Pkulan keras yang dilakukan dengan arah vertikal, biasanya dilakukan ketika seorang petinju berada di jarak dekat dengan lawannya. Mantan juara kelas berat Mike Tyson terkenal dengan uppercutnya. Pukulan ini dilakukan dari arah bawah memotong ke atas, sangat efektif digunakan pada lawan yang suka merunduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar